Rabu, 29 April 2020

ALASAN PENTINGNYA BELAJAR BAHASA INGGRIS

 

                                        
5 ALASAN PENTINGNYA BELAJAR BAHASA INGGRIS

1. Most Used Language in the World

Mungkin Anda sadar bahwa setiap Anda membeli handphone baru, laptop baru atau sekedar membuka aplikasi atau website tertentu di internet, hampir seluruhnya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Bahasa Inggris menjadi bahasa ‘default’ di berbagai aspek di hidup kita. Bahkan kini, dalam sisi pendidikan pun, sudah banyak kelas atau sekolah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dan bahasa sehari-hari di sekolah.
Itulah sebabnya mengapa bahasa Inggris disebut sebagai bahasa yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Dimanapun kamu berada, pasti ada orang atau hal lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi. Menurut survey, paling tidak 1 dari 5 orang yang kamu temui, pasti mengerti dan dapat berbicara dalam bahasa Inggris.

2. Increase Your Value

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling sering digunakan atau paling umum dipakai di seluruh dunia. Bahasa Inggris menjadi bahasa yang digunakan dalam sains, penerbangan, komputer, diplomasi dan pariwisata. Bukan hanya terbatas untuk sektor-sektor tersebut, bahasa Inggris juga digunakan untuk sektor lainnya.
Banyaknya sektor yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar membuat bahasa ini menjadi bahasa yang penting dalam segala aspek. Dengan mengetahui dan menguasai bahasa Inggris, akan meningkatkan value atau nilai dalam diri Anda terutama saat melanjutkan pendidikan dan mencari pekerjaan. Menguasai bahasa Inggris juga meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik di perusahaan multi nasional di Negara Anda atau mendapat pekerjaan di luar negeri.

3. Official Language of 53 Countries

Untuk Anda yang menyukai kegiatan travelling atau jalan-jalan, maka mempelajari, mengetahui dan mengerti bahasa Inggris menjadi sebuah kewajiban bagi Anda. Terutama jika Anda senang untuk bepergian ke tujuan atau destinasi di luar negeri seperti Amerika atau Eropa.
Mengapa bahasa Inggris sangatlah penting? Karena bahasa Inggris menjadi bahasa resmi 53 negara yang ada di dunia. Ada banyak hal yang bisa Anda nikmati dengan penuh dan Anda bisa berkenalan dengan orang di Negara-negara tersebut tanpa merasa kesulitan dengan menguasai bahasa Inggris.

4. Simple to Learn

Bahasa Inggris tersusun dari huruf alphabet yang sederhana dan tidak rumit. Walaupun banyak yang mengatakan bahwa bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa tersulit untuk dipelajari, tapi rupanya bahasa Inggris cukup mudah dan cepat untuk dipelajari. Dibandingkan bahasa lain yang menggunakan hurufnya sendiri seperti bahasa Arab, bahasa Korea atau Mandarin, belajar bahasa Inggris masih terhitung mudah.
Yang sering dirasa sulit adalah karena bahasa Inggris memiliki pengucapan yang berbeda dengan yang tertulis. Hal ini lah yang kadang sering membuat bingung orang-orang yang baru belajar. Tapi, hal ini memang dapat disiasati dengan terus berlatih dan banyak belajar. Saat sudah terbiasa, kemampuan Anda untuk mengeja atau mengucapkan suatu kata pasti akan meningkat dengan sendirinya.

5. Language of the Media Industry

Selain menjadi bahasa pengantar segala ilmu pengatahuan, bahasa Inggris juga menjadi bahasa pengantar dari industri hiburan dan media di dunia. Walapun memiliki jaringan yang menyediakan berita atau media yang menggunakan bahasa lokal, tapi bahasa Inggris tetap digunakan sebagai bahasa umum.
Misalnya salah satu media internasional BBC atau Reuters, walaupun memiliki beberapa platform yang menyesuaikan dengan bahasa Negara tertentu, kedua media ini tetap menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Selain itu, dengan menguasai bahasa Inggris, Anda tidak perlu bergantung pada terjemahan dan subtitle saat membaca buku, mendengar lagu, menonton film dan show TV favorit Anda.

Tidak ada komentar:
Write komentar